jorginho, Orang Brasil yang Pertama-kali Jadi Kapten Italia

  • Whatsapp
jorginho
Jorginho saat menjadi kapten Italia di laga melawan Lithuania. Foto: Getty Images/Claudio Villa

Reggio nell’Emilia – Jorginho tampil jadi kapten di pertandingan Italia versus Lithuania. Ini jadi kiprah untuk pemain 29 tahun itu, sekalian menulis riwayat baru.
Pada pertandingan yang berjalan di Stadion Mapei, Kamis (9/9/2021) pagi hari WIIB itu, Jorginho yang tampil jadi starter dipilih sebagai kapten oleh pelatih Roberto Mancini, karena dua kapten khusus Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci mengawali pertandingan dari kursi cadangan.

Sebagai pemain paling senior sekalian pemilik caps paling banyak di atas lapangan (38 kali), lumrah jika Jorginho yang dipilih sebagai kapten, ingat Italia turun dengan mayoritas pemain yang caps-nya masih kurang. Cuman Federico Bernardeschi dan Gianluigi Donnarumma yang sudah sama-sama tampil lebih dari 30 kali.
Diputuskannya Jorginho jadi riwayat sendiri untuk sepakbola Italia. Dia jadi oriundi pertama semenjak 1960 yang memegang sebagai kapten Gli Azzurri. Pemain tengah Chelsea itu jadi orang ke-2 yang dapat melakukan.

Read More

Awalnya, almarhum Miguel Angel Montuori (1932-1998) sebagai oriundi pertama dan salah satu yang sempat jadi kapten Italia. Diambil Football Italia, Montuori yang terlahir di Argentina itu melakukan di dua pertandingan pertemanan, yaitu menantang Spanyol pada Februari 1959 dan Swiss pada Januari 1960.
Dipercayanya Jorginho sebagai kapten makin memperjelas sikap Mancini yang tidak lagi anti-oriundi, sama seperti yang dia perlihatkan pada 2015 kemarin. Saat Italia memenangkan Euro 2020 pada Juli lalu, ada 3 oriundi yang terdaftar dalam skuadnya, yaitu Jorginho, Rafael Toloi, dan Emerson Palmieri. Ke-3 nya terlahir di Brasil.

 

Source: https://sport.detik.com/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *