Dunia Kebalik, Buronan Divonis Bebas, Penyidik KPK yang Tangkap Bebas Pekerjaan

  • Whatsapp
Meme dua penyidik KPK saat menangkap buronan KPK Samin Tan yang kini sudah dibebaskan oleh Pengadilan Tipikor sumber Twitter Giri Suprapdiono. Twitter/girisuprapdiono
Meme dua penyidik KPK saat menangkap buronan KPK Samin Tan yang kini sudah dibebaskan oleh Pengadilan Tipikor sumber Twitter Giri Suprapdiono. Twitter/girisuprapdiono

Dunia Kebalik, Buronan Divonis Bebas, Penyidik KPK yang Tangkap Bebas Pekerjaan

Jakarta – Dunia kebalik, nyaris semua segi kehidupan sekarang ini alami pembalikan, apa lagi di zaman wabah seperti sekarang ini. Berita positif, malah ada perasaan sedih tercenung di belakangnya. Positif covid-19 misalkan. Kegiatan yang dahulu dapat dilaksanakan secara mudah, sekarang terbatasi bahkan juga dilarang.
Dunia kebalik mulai menyebar di KPK, instansi pembasmian korupsi atau sekarang lebih inginkan sebagai instansi penangkalan korupsi.

Read More

Ialah ciutan Giri Suprapdiono, salah satunya Direktur di KPK yang ungkap nasib dua penyidik KPK yang sukses tangkap buron Samin Tan.

“Samin Tan bebas, Yang nangkap buron… bebas pekerjaan,” catat Giri di account Twitter @Girisuprapdiono pada 31 Agustus 2021. Ciutan itu diimbangi dengan upload photo yang tampilkan saat Samin Tan dibawa oleh ke-2 penyidik KPK itu.

Sudah diketahui, Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi Jakarta memutuskan bebas bos PT Borneo Lumbung Energi itu. Awalnya, Samin Tan dituduh memberikan suap ke bekas Wakil Ketua Komisi Energi DPR. Dan hakim mengatakan dia tidak bersalah.

“Mengatakan tersangka Samin Tan tidak bisa dibuktikan dengan cara sah dan memberikan keyakinan bersalah lakukan tindak pidana,” kata Ketua Majelis Hakim Panji Surono di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 30 Agustus 2021.

Tragisnya, saat Samin Tan ditetapkan bebas dari vonis, ke-2 penyidik KPK yang tangkapnya justru terancam bebas pekerjaan alias dikeluarkan karena tidak lulus Test Wacana Berkebangsaan dipersingkat TWK.

Ke-2 nya Ambarita Damanik dan Yudi Purnomo, penyidik senior KPK yang sudah tangani beberapa kasus korupsi kakap ini terhitung dalam 75 karyawan KPK yang tidak lulus TWK. KPK memandang Damanik dan Yudi tidak dapat dibina kembali.

Walau sebenarnya Ombudsman dan Komnas HAM sudah mengatakan TWK memiliki masalah, walau demikian KPK masih tetap kokoh akan mengeluarkan 56 karyawan KPK yang tidak lulus TWK per 1 November 2021 kedepan.

Menyikapi ciutan Giri, Yudi juga membalasnya melalui dengan mengidentifikasi upload Giri. Untuk Yudi yang paling mengerikan ketika menjadi penyidik KPK ialah resiko intimidasi. Tetapi dia tidak pernah menduga jika tersangka yang diamankannya justru dibebaskan dari vonis, sementara dianya terancam bebas pekerjaan.

“Pada menanyakan bagaimana hatiku, Jujur saja pemikiran paling liar resiko saat dahulu menjadi penyidik KPK paling intimidasi. Belum sempat ada peristiwa monumental semacam ini saat yang diamankan divonis bebas, tetapi yang nangkap justru akan dihentikan dari tugas November kelak,” cuit Yudi Purnomo, Selasa, 31 Agustus 2021.

Cukup banyak pemakai Twitter mengutarakan kekecewaannya, @rahmaniarbaftim bahkan juga menyebutkan KPK sebagai kepanjangan dari Komisi Pengayom Koruptor, “Alamaaaaak, hukum apa juga ini!!? Komisi Pengayom Korupsi. Selamat,,,selamat,,, silahkan pesta pora duhai koruptor, negeriku ini benar-benar well come kpd kalian,” tulisnya. “Pesta poralah beberapa koruptor di negeri ini, ketika hukum dapat dimainkan oleh pelaku2 nya,” catat @sunyi86338027.

Samin Tan diputuskan sebagai terdakwa oleh KPK semenjak 1 Februari 2019 dan sempat seringkali absen saat diundang penyidik. Selanjutnya pada 17 April 2020, KPK memutuskan Samin Tan sebagai buronan dan sukses diamankan pada 5 April 2021.

Sekarang Samin Tan dipastikan bebas dan dua penyidik KPK, Damanik dan Yudi, yang sukses menggeretnya ke tahanan instansi anti korupsi itu terancam dikeluarkan.

Terakhir, KPK sudah ajukan kasasi pada vonis bebas bos batu bara Samin Tan. Beskal KPK sudah memberikan memory kasasi ke Mahkamah Agung pada Kamis, 9 September 2021.

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Source:https://nasional.tempo.co/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *