Layanan Masyarakat Memiliki kualitas, Menteri Tjahjo Berharap Kontribusi Orang dan Swasta

  • Whatsapp
Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Tjahjo Kumolo menggerakkan keterlibatan warga dan swasta untuk tingkatkan servis khalayak yang berkualitas. Pembangunan Mal Servis Khalayak (MPP) Kabupaten Karawang, menurut Tjahjo, sebagai contoh yang bagus.

“Ada semangat kerjasama di antara pemerintahan dengan faksi swasta dalam mendatangkan servis khalayak yang berkualitas dan terpadu lewat mal servis khalayak. Servis khalayak sebaiknya tidak cuma punya dan tanggung-jawab pemerintahan, tapi juga warga dan bidang swasta,” kata Tjahjo dalam info seperti diterima Rabu (15/9/2021).
Pemerintahan Kabupaten Karawang, sukses merealisasikan integratif service dalam MPP, Sebagai daerah industri paling besar se-Indonesia, MPP Kabupaten Karawang bisa bawa udara segar untuk cuaca investasi dan keringanan usaha. Ada MPP mengganti pola pelayan khalayak dari “dayung” jadi “berkendara”.
Tjahjo resmikan MPP Kabupaten Karawang, ditemani Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Selasa (14/9/2021). Tjahjo memperjelas pekerjaan pemerintahan tidak cuma untuk mengatur jalannya birokrasi dan mendatangkan servis.

“Tetapi mengganti pola beberapa administrator khalayak untuk tidak lagi ‘mendayung, tapi ‘mengemudi’, memutuskan arah dan arah, dan memetakkan jalan untuk perahu pemerintah,” papar bekas Menteri Dalam Negeri ini.

Karawang membuat MPP ke-44 di Indonesia dan kelima di Jawa Barat, sesudah Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kota Bogor, dan Kabupaten Sumedang. MPP ini sekalian sebagai hadiah spesial hari kejadian ke-388 Kabupaten Karawang, yang jatuh pas pada 14 September.

MPP Kabupaten Karawang menjadikan satu 69 tipe service dari 19 unit pelaksana servis. Bukan hanya dari service pemerintahan, MPP Kabupaten Karawang merengkuh servis perbankan, sampai BUMN dan BUMD.

Tjahjo mengatakan pola new public servis mengutamakan jika servis khalayak tidak bisa kembali cuman memakai kemampuan pemerintahan saja, tetapi harus sanggup manfaatkan kesempatan untuk mengikutsertakan beberapa pihak lain.
MPP yang berada di lantai dasar Mal Techno Mart ini bekerja pada jam 10.00 s/d jam 18.00 WIB. Pada Sabtu dan Minggu, MPP ini masih tetap bekerja pada pukul yang serupa. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menjelaskan MPP Kabupaten Karawang mempunyai moto Someah.

Moto ini diambil dari bahasa Sunda yang memiliki makna ramah. Someah singkatan dari santun, layani, dan amanah. Selainnya moto, MPP ini pilih pilihan kata Sempurna sebagai arah peraturan mereka. Sempurna sebagai akronim dari servis responsive, integrasi, kualitas, dan adaptive.

Cellica menjelaskan faksinya selalu lakukan survey kepuasan warga (SKM). “Kami teratur kerjakan SKM untuk ketahui apa MPP ini telah efisien untuk warga,” begitu Cellica.

Source: https://www.beritasatu.com/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *