Kominfo Persiapkan Service Jaringan Telekomunikasi dan Media Center untuk PON XX Papua 2021

  • Whatsapp
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. ANTARA/HO-PB PON Papua
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. ANTARA/HO-PB PON Papua

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mempersiapkan service jaringan telekomunikasi dan sarana media center, untuk penyelenggaraan Minggu Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan, service telekomunikasi untuk PON XX Papua 2021 sebagai sisi pembangunan infrastruktur tehnologi info dan komunikasi, sebagai sisi penerapan pekerjaan Kominfo saat lakukan akselerasi alih bentuk digital.

Read More

Menurut Johnny, pembangunan TIK di daerah Papua dan Papua Barat sudah dilaksanakan secara masif. Oleh karenanya, pendayagunaan hasil pembangunan dapat digunakan untuk memberikan dukungan penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

“Secara eksklusif, pembangunan the last mile atau pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang menyebar di semua penjuru Papua. Baik di daerah-daerah perairan atau di daerah tengah pegunungan,” ucapnya.

Di Propinsi Papua, Kominfo lewat BAKTI sudah membuat 213 BTS eksisting 4G dan 244 BTS eksisting 4G di Papua Barat di tahun 2015 sampai 2020.

“Di tahun 2021 ini sedang jalan dan tahun 2022 kelak (akan habis untuk semuanya daerah),” tuturnya dalam tayangan jurnalis, diambil pada Jumat (24/9/2021).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat temu jurnalis online mengenai 5G, Senin (24/5/2021). (ANTARA/Tangkapan monitor Kemkominfo TV)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (ANTARA/Tangkapan monitor Kemkominfo TV)
Selainnya service telekomunikasi, Kominfo sediakan media center di tiga cluster penerapan laga dalam PON XX Papua 2021.

“Media Center ini berada di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke,” katanya.

Ia menambah, ke-3 Media Center Cluster ini dipersiapkan Direktorat Jenderal Info dan Komunikasi Khalayak Kementerian Kominfo, dalam usaha memberikan dukungan produksi beberapa konten positif berkaitan penyelenggaraan PON XX Papua.

Menurut dia, ke-3 media center cluster itu jadi simpatisan Media Center Khusus yang ada di PB PON XX Papua. Media Center Khusus sendiri ada di Kantor Gubernur Papua, Jayapura.

Dia mengatakan, sarana media center disiapkan untuk wartawan yang mengulas penerapan PON XX Papua 2021.

“Media Center di tiga klaster ini kami adakan untuk memberikan fasilitas teman-teman media agar lebih gampang saat lakukan peliputan berbentuk ambil photo, video, dan membuat cerita untuk menyampaikan penyelenggaraan PON XX Papua,” katanya.

Sudah ada 100 kabel jaringan LAN dan ada pula ruang rileksasi bila beberapa wartawan ingin istirahat sesaat sesudah lakukan peliputan.

Source:https://www.suara.com/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *