Capai Penghargaan APE 2020, Kementan Berharap Peranan Petani Wanita Lebih Besar

  • Whatsapp
Foto: Dok Kementerian Pertanian

Jakarta – Kementerian Pertanian lewat bermacam program startegis yang ditargetkan berusaha supaya pembangunan pertanian yang digelontorkan bisa dilaksanakan dan dirasa semua kalangan masyarakat khususnya beberapa wanita.

Oleh karenanya, Kementan menerapkan taktik pengaursutamaan gender (PUG) diawali dari pengaturan rencana, penganggaran, pantauan, penilaian dan audit.

Ini dipertunjukkan saat pada proses pengaturan progam dan aktivitas semua direktorat tehnis sudah memasukkan PUG sebagai taktik dengan memerhatikan keadilan dan kesetaraan baik lelaki dan wanita.
Atas dasar itu, Kementan memperoleh penghargaan Karunia Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 oleh Kementerian Pendayagunaan Wanita dan Pelindungan Anak (PPPA). Penghargaan ini sebagai wujud bukti dari loyalitas dalam menerapkan PUG di Kementan dalam memaksimalkan pembangunan pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengucapkan terima kasih ke Menteri PPPA atas kerja-sama yang sudah terikat baik pada kerangka penerapan taktik PUG di lingkungan Kementan.

“Keinginan nantinya petani-petani wanita akan makin maju, memiliki dayasaing dan bisa bersinergi dalam melakukan pembangunan pertanian,” kata Mentan.

Menyikapi hal tersebut, Ketua umum Wanita Tani HKTI, Dian Novita menghargai atas perolehan itu. Dia menjelaskan perolehan Kementan khususnya dalam cetak petani muda baru yang ada pula beberapa wanita sebagai loyalitas Kementan untuk mengikutsertakan wanita dalam pembangunan pertanian.

“Janganlah lupa, antara petani-petani muda baru itu ada pula wanitanya. Ini satu inovasi dari Kementan yang baik sekali. Kita kenali wanita ialah pembawa peradaban. Ini bukti kesungguhan dan loyalitas Pak menteri dalam memberikan dukungan merealisasikan pertanian yang kekinian dan akurat tetapi tidak lupakan peran-peran wanita Indonesia,” tutur Dian selesai berjumpa dengan Mentan kantor Pusat Kementan, pada Rabu, (13/10/ 2021).

Acara penyerahan penghargaan APE 2020 dilaksanakan pada Rabu, 13 Oktober 2021 secara online. Berdasar Surat Keputusan Menteri PPPA Republk Indonesia No 66 Tahun 2021 mengenai Yang menerima Penghargaan Karunia Parahita Ekapraya tahun 2020, Kementan untuk ke-tiga kalinya memperoleh Karunia Pengahrgaan tingkat paling tinggi yakni tingkat Tutor semenjak 2016, 2018 dan 2020.

Source: https://news.okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *