Pengunjung Mal Terdekteksi Covid-19, Satuan tugas: Pelaksana Persiapkan Team Tanggapan

  • Whatsapp
Ilustrasi penggunaan aplikasi PeduliLindingi di mal. (Foto: Antara)

Ketua Sektor Pengatasan Kesehatan Unit Pekerjaan (Satuan tugas) Covid-19 Alexander Kaliaga Ginting menggerakkan pelaksana ruang umum seperti mal untuk mendatangkan team tanggapan bila ada pengunjung yang teridentifikasi program PeduliLindungi belum divaksinasi atau terverifikasi positif.

Alexander menerangkan, team tanggapan yaitu saat ada warga teridentifikasi terverifikasi positif atau memang belum divaksinasi, harus dikasih instruksi untuk divaksinasi atau lakukan karantina mandiri atau terkonsentrasi.

Read More

“Faksi pelaksana di mal atau di wilayah khalayak jika ada orang yang belum divaksinasi, karena itu harus didorong untuk selekasnya divaksin. Jangan diabaikan saja. Tidak boleh diminta pulang getho loh. Diberi instruksi untuk vaksinasi. Selanjutnya ia dengan status hitam diberi instruksi karantina mandiri atau terkonsentrasi,” kata Alexander, Selasa (19/10/2021).
Adapun program PeduliLindungi berperan sebagai alat penyaring dalam memperhitungkan atau menahan transmisi Covid-19 di ruangan khalayak.

“Dasarnya perlu ada yang tanggapan di sana (pintu masuk). Ada team responsnya . Maka tidak hanya cuman keamanan memeriksa temperatur dan atau memeriksa orang yang memiliki program atau mungkin tidak, tetapi ada team yang memberi respon,” ucapnya.

Alexander menerangkan, keutamaan elemen tanggapan supaya warga terverifikasi positif tidak berkeliaran menebarkan virus. Disamping itu, warga belum divaksin ditujukan untuk daftarkan diri supaya percepat vaksinasi.
Menurut Alexander, koordinir ada team tanggapan di ruangan khalayak jadi pekerjaan dari Satuan tugas Wilayah. Masalahnya ada posko dalam pemerlakukan limitasi aktivitas warga (PPKM) sampai tingkat dusun/kelurahan.

“Kalaulah itu pasar memiliki arti ada kelurahan. Ada kecamatan itu tanggung-jawab telah ditata dalam Inmendagri Nomor 53 dan 54, di sana disuruh beberapa bupati dan wali kota terjun langsung untuk mengontrol penyebaran dalam masyarakat,” ucapnya.

Source: https://www.beritasatu.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *