Dorong UMKM Mengarah Export, LPEI Bangun National Export Dashboard

  • Whatsapp
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Lembaga National Single Window (LNSW) membangun portal dashboard data terintegrasi yang disebut National Export Dashboard (NED). (Foto: Dok)

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Instansi National Singgel Window (LNSW) membuat portal dasbor data terpadu yang disebutkan National Ekspor Dasbor (NED). Maksudnya memberikan keringanan aktor usaha, terhitung UMKM lakukan export.
“Sekarang ini NED baru dapat dijangkau di kantor LPEI Jakarta dan Surakarta, tapi yang akan datang kami terus akan lakukan improvement dari segi intisari atau infrastruktur supaya lebih gampang dijangkau, penampilannya makin pemakai friendly,” kata Direktur Eksekutor III LPEI Agus Windiarto yang mengepalai bidang IEB Institute dan Communication dan Stakeholder Engagement dalam info tercatat, Jumat (22/10/2021).
NED nanti bisa dijangkau oleh aktor usaha atau semua penopang kebutuhan dalam ekosistem export untuk ketahui data atau info satu produk berdasar code harmonized sistem (HS Code), tingkat resiko teritori dan negara arah export. Disamping itu, negara asal import untuk satu produk baik secara nilai atau volumenya, aktor usaha, dan perizinan.

Agus menerangkan, aktor usaha bisa manfaatkan NED untuk cari kesempatan pasar baru dalam rencana pengembangan usaha. Selainnya aktor usaha, diharap mahasiswa dan akademiki bisa juga manfaatkan data ini untuk memberikan dukungan penulisan pengkajian atau penelitian berkenaan export yang bisa memberikan dukungan kenaikan daya saing Indonesia.

Read More

Source: https://www.beritasatu.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *