Jokowi Persiapkan Penggantian Panglima TNI

  • Whatsapp
Joko Widodo. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menyiapkan penggantian Panglima TNI karena untuk lakukan penggantian Panglima TNI seutuhnya jadi prerogatif Presiden.

Begitu dikatakan Juru Berbicara (Juru bicara) Presiden Fadjroel Rachman ke reporter di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Read More

“Ini sisi dari prerogatif Presiden . Maka yang kita mengetahui ada waktu di mana Pak Panglima (Hadi Tjahjanto) akan usai periode pekerjaannya, dan pasti secara prosedural pasti ada pergantian. Berkenaan prosesnya itu benar-benar pada tangan Presiden Joko Widodo,” kata Fadjroel Rachman.

Sampai sekarang ini, lanjut Fadjroel, faksinya belum memperoleh info tentang surat presiden (surpres) yang hendak dikasih ke DPR berkenaan bugar and proper tes untuk beberapa nama calon panglima TNI itu.
Satu kali lagi, Fadjroel memperjelas, penentuan nama calon panglima TNI yang hendak gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto seutuhnya ada di tangan Presiden Jokowi.

“Berkaitan penggantian Panglima TNI, telah dikatakan Mensesneg, penyiapan ke sana sedang dilaksanakan. Insyaallah semua turuti proses ketentuan UU yang berjalan,” tutur Fadjroel Rachman.

Sama seperti yang dikabarkan Staff Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini menjelaskan, surpres berkaitan calon panglima TNI akan diberikan ke DPR bulan kedepan. Sampai sekarang ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan nama calon Panglima TNI yang baru.

Faldo akui tidak ketahui tanggal tentu surpres itu akan dikirimkan ke DPR. Dia cuman minta seluruh pihak, terhitung mass media untuk bersabar.
“Sabar,” tutur Faldo Maldini.

Apa lagi, Presiden Jokowi masih mempunyai waktu untuk pilih sampai periode kedudukan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai pada November 2021.

“Selama ini secara agenda, semua masih aman, menanti agenda DPR sidang kembali. Kita masihlah ada kesempatan sampai masuk pensiun Panglima diakhir november kelak,” ungkapkan Faldo Maldini.

Faldo memperjelas, masihlah ada kesempatan untum cari perwira terbaik. Perwira yang mempunyai kemauan dan loyalitas kuat berkorban untuk Indonesia bangun dari wabah.

Source: https://www.beritasatu.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *