Menjaga Budaya Madura, Pondok pesantren Raudlatul Ulum Satu Dibuat di Akses Tol Suramadu

  • Whatsapp
Pones Raudlatul Ulum Satu didirikan di akses Tol Suramadu Sumber : tim tvone - dimas farik
Pones Raudlatul Ulum Satu didirikan di akses Tol Suramadu Sumber : tim tvone - dimas farik

Bangkalan, Madura – Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Satu dibuat di akses Tol Suramadu, Bangkalan, Madura. Ponpes ini menyengaja dibuat dan disahkan di akses lajur masuk keluar kota pulau garam, sebagai usaha untuk jaga Madura dari budaya asing.

Beberapa figur ulama bertandang ke pengesahan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Satu, di akses Tol Suramadu, Dusun Baengas, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangakalan, Madura. Raudlatul Ulum Satu, sebagai salah satunya ponpes yang satu lajur dengan ponpes Gondang Legi Malang, yang dipegang oleh KH Muklis Yahya. Pondok pesantren baru ini akan memperlengkapi beberapa santrinya untuk perdalam pengetahuan agama.

KH Ma’ruf Khozin, pengasuh ponpes Raudlatul Ulum Suramadu, menjelaskan Pondok pesantren Raudlatul Ulum Satu ialah instansi pengajaran islam yang masih tetap mengajari kitab – kitab classic, ditambah lagi pengetahuan pengetahuan kekinian. Faksinya menyengaja membangun pondok pesantren di daerah Tol Suramadu segi Madura, karena lajur ini sebagai akses yang gampang sekali masuk keluar ke pulau garam, dan benar-benar gampang masuknya budaya asing ke Madura. Pendirian pondok pesantren sebagai usaha untuk jaga budaya Madura yang moderat dari budaya asing.

“Tol Suramadu, akses masuk keluar dari kota, sementara Madura daerah yang kuat Islamnya, terutamanya yang moderat, karena itu, janganlah sampai semuanya yang diperkotaan itu masuk secara mendadak (asing), tapi sekurang-kurangnya difilter lebih dulu,” papar KH Ma’ruf Khozin.

Faksinya mengharap, Pondok pesantren Raudlatul Ulum bisa menjadi pusat syiar Islam, di pintu gerbang Suramadu, sekalian melahirkan beberapa santri moderat, yang berguna untuk umat dan bangsa. (Dimas Farik/hen)

Source: https://www.tvonenews.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *